Jumat, 15 April 2011

Tugas dan Tanggung jawab Quantity Surveyor


Seorang Quantity Surveyor (QS) harus teliti, cakap dan baik dalam membuat estimasi harga serta pengendalian biaya proyek , tertib administrasi adalah salah satu tugas dan tanggung jawab seorang Quantity Surveyor, selain itu juga Profesi QS sering kali dituntut dengan adanya loyalitas (tanggung jawab) serta integritas terhadap perusahaan atau badan dimana ia bernaung.

Dalam membuat Bill Of Quantity dan Analisa Harga Satuan Pekerjaan, Seorang Quantity Surveyor (QS) tidak boleh merugikan para pihak.

Hal ini menjadi mudah tentunya bagi seorang QS yang teguh pada pendirianya serta memegang erat sebuah komitmen terhadap pekerjaannya tersebut.

Berikut adalah beberapa bagian dari tugas dan tanggung jawab seorang QS pada waktu sebelum dan sesudah proses penyelenggaraan tender untuk proyek pembangunan :

PRE CONTRACT  

  1. Elemental Cost Estimate Preparation
  2. Review Design / List Of Question
  3. Bill Of Quantity Prepararion
  4. Tender Document Preparation
  5. Aanwijzing
  6. Pricing Tender Estimasi
  7. Tender Evaluation
  8. Tender Clarification Meeting
  9. Negotiation Meeting

POST CONTRACT

  1. Kick Of Meeting
  2. Progress On Site
  3. Variation Order Calculation / VE
  4. Variation Order negotiation
  5. Payment Certificate
  6. Financial Statement
  7. Final Account

Tidak cukup bagi seorang QS apabila hanya memahami dan menguasai administrasi dan ekonomi proyek, selain itu seorang Quantity Surveyor dituntut untuk mengerti dan memahami design yang akan diaplikasikan untuk pembangunan proyek tersebut, secara qualitas kebutuhan akan design yang digunakan untuk suatu proyek akan berdampak signifikan terhadap biaya.

0 komentar:

Poskan Komentar